Rabu, 19 Juni 2013

Manusia dan Penderitaan

Setiap manusia memiliki beban hidupnya masing - masing, salah satunya yaitu penderitaan. Penderitaan dalam kehidupan sehari - hari manusia berbeda - beda karena setiap individu manusia memiliki masalah masing - masing yang dialaminya. Oleh karena itu penderitaan merupakan tanggungan yang tidak menyenangkan yang dirasakan oleh manusia itu sendiri. 
Penderitaan itu ada tiga macam diantaranya :
1. Penderitaan yang dialami secara lahir (fisik)
2. Penderitaan yang dialami secara batin (mental/psikologis)
3. Gabungan dari penderitaan yang dialami secara lahir dan batin (fisik dan psikologis) 
Tentu saja penderitaan tidak akan muncul jika tidak ada yang menyebabkan untuk muncul. Sebab - sebabnya jika diklarifikasikan yaitu penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia dan penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan atau azab dan semacamnya. 
Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia
Penderitaan ini bisa saja terjadi namun hal ini dialami oleh manusia di kehidupan, seperti hubungan manusia sesama manusia dan hubungan manusia dengan lingkungan sekitar. Hubungan manusia sesama manusia, contohnya seorang lelaki marah dan melakukan hal yang tidak seharusnya dilakukan yaitu memukul secara fisik menggunakan tangan kepada lawannya. Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia juga bisa saja terjadi dengan cara manusia membuang sampah di sembarang tempat kemudian sebuah tempat yang selalu dibuangi sampah oleh manusia kebanyakan mampet dan terjadilan banjir, penebangan pohon secara sembarang juga bisa saja terjadi dan akhirnya menyebabkan longsor di lingkungan sekitarnya. 
Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan atau azab dan semacamnya
Penderitaan ini timbul karena penyakit yaitu karena penyakit yang dideritanya. Penderitaan karena siksaan atau azab adalah hal yang pasti terjadi kepada setiap makhluk hidup khususnya manusia yang pasti akan merasakan hal itu, entah itu azab sebelum meninggal atau siksaan karena hukuman karena ia melakukan hal yang salah di kehidupannya.

Sumber :
http://ahmad-lutfianto.blogspot.com/2012/04/manusia-dan-penderitaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar