Senin, 08 Oktober 2012

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Manusia adalah makluk hidup yang individual pada dasarnya karena memiliki pendapat, tujuan, arah, visi dan misi yang berbeda - beda. Individual yang dimaksud adalah individual yang terdiri dari satu orang saja. Namun, di samping itu, manusia tidak bisa hidup berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain, tanpa bantuan dari orang lain manusia itu sendiri bukan apa - apa karena tidak memiliki kelompok dan lain - lainnya sebagai pelengkap hidup. Individual manusia salah satunya seperti pertumbuhan dan perkembangan yang dialami perubahannya dari masing - masing.

Individu


Dari individual akan menjadi suatu keluarga yang saling berhubungan satu sama lain. Keluarga inilah yang menjadi pelengkap hidup. Fungsi keluarga tersebut di antaranya untuk saling bersosialisasi, belajar arti sebuah kehidupan, bereproduksi untuk memiliki keturunan, saling memberi dukungan, menghargai dan memberi kasih sayang sesama anggota keluarga. Fungsi - fungsi tersebut dapat membuat keluarga menjadi tenteram, sejahtera dan nyaman.

Keluarga


Orang Tua


Keturunan




Terbentuknya individual menjadi keluarga terus berlanjut sehingga memiliki sebuah kelompok yang disebut dengan masyarakat. Dikatakan masyarakat jika keluarga atau kelompok tersebut memiliki peraturan bersama untuk mengatur sebuah kehidupan. Dengan adanya masyarakat, manusia dapat saling berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar