Kamis, 04 Oktober 2012

Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan


Banyaknya penduduk karena adanya sekumpulan orang yang tinggal di suatu daerah atau Negara. Ada beberapa faktor yang menyebabkan banyaknya penduduk, salah satunya karena nikah muda yang dilakukan zaman sekarang. Pemerintah menyarankan kepada seluruh penduduk khususnya di Indonesia untuk melakukan Keluarga Berencana (KB). Oleh karena itu, karena zaman sekarang dengan zaman dahulu sangat berbeda maka saran tersebut diwajibkan agar suatu keluarga dapat hidup sejahtera dan makmur, khususnya untuk keluarga yang perekonomiannya minim.


Dari penduduk yang diterapkan di atas karena adanya sekumpulan orang disebutlah masyarakat. Dikatakan masyarakat karena manusia yang hidup di bumi ini tidak ada yang bisa hidup sendiri atau individual, melainkan harus bersosialisasi dengan manusia satu dan manusia lainnya. Contohnya masyarakat harus saling gotong royong, tolong - menolong, kerjasama, bahu - membahu, bermusyawarah untuk mendapatkan tujuan dan arah yang sama agar suatu daerah dapat hidup saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Kerjasama tanpa pandang bulu

Bermusyawarah

Gotong royong

Di dalam kumpulan masyarakat tersebut juga tiap daerah memiliki keanekaragaman atau kebudayaan masing - masing yang menandakan kekhasan suatu daerah tersebut. Salah satunya di Indonesia, di Indonesia memiliki sangat banyak kebudayaan. Adanya kebudayaan yang dimiliki setiap daerah itu memiliki nilai dan martabat tersendiri.

Di bawah ini beberapa contoh gambar kebudayaan yang ada di Indonesia :

Suku Dayak Kenyah

Tari Saman

Angklung

Batik

Nasi tumpeng

Pakaian adat Jawa

Rumah adat Minangkabau

Wayang Kulit

Oleh karena itu, kita sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) harus bangga dan wajib melindungi semua kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia tercinta ini untuk generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar