Kamis, 08 November 2012

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Pelapisan sosial dapat disamakan juga seperti stratifikasi sosial, yang dimaksud adalah di mana adanya perbedaan kelompok satu dengan kelompok lainnya secara bertingkat atau vertikal. Pelapisan ini ada yang berada di golongan bawah, golongan tengah dan golongan atas.

Pelapisan sosial di atas yang saya jelaskan, menunjukkan bahwa setiap manusia tidak memiliki hal yang selalu sama dengan yang lainnya tapi dari perbedaan pelapisan sosial tersbut, manusia harus menghargai apa yang tidak dimiliki oleh orang itu sendiri. Kita sebagai makhluk sosial harus menjadi pelengkap bagi yang lain agar tidak ada perbedaan dan menjadi kesamaan derajat manusia.

Kesamaan derajat manusia sama saja, kesamaan derajat inilah yang membuat orang untuk tidak diperbolehkan merendahkan harkat, derajat dan martabat seseorang karena masing - masing manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Jadikanlah kekurangan yang dimiliki oleh seseorang menjadi suatu kelebihan di mata orang lain yang mampu membawa nama baik diri sendiri dan dihormati oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar